- Motivasi - "Cara terbaik untuk menghargai kejadian yang hadir menerpa, hanya dengan menikmatinya tanpa memiliki penilaian negatif" .. Pujangga Giras - Cak Dion's Lapendoz - Pujangga Giras

<< Hargai karya orang lain, "NO - PLAGIAT" >>

Selasa, 06 September 2011

SENYUM NABI BERSAMA ANAS BIN MALIK

Anas bin Malik merupakan orang kepercayaan Rasulullah SAW di dalam rumah tangga. Bisa dikatakan dalam istilah zaman sekarang Anas bin Malik merupakan manajer beliau. Apa saja yang beliau perlukan, Anas bin Maliklah yang menanganinya.
Hubungan Anas bin Malik dengan Rasulullah SAW bukan sekedar seorang budak dengan majikan. Ibu Anas bin Malik yang dulu menyerahkan sendiri puteranya supaya hidup dalam lingkungan keluarga Rasulullah SAW dan selalu dalam perlindungan beliau. Hubungan Rasulullah SAW dengan Anas pun amat baik, bahkan akrab. Sesekali jika Rasulullah SAW menginginkan tenaganya untuk mengerjakan sesuatu, Anas pura-pura menolak untuk menggoda hati beliau. Begitulah kelakuan Anas sekadar untuk bergurau dengan beliau. Dan beliau pun sering mencandai Anas. jadi, hubungan yang terjadi antara Rasulullah SAW dan Anas bukan sekadar pembantu dan majikan, melainkan hampir menyerupai teman atau sahabat.

para sahabat yang menjadi tetangga beliau paham betul akan ciri khas Rasulullah SAW ini. mereka mengetahui kepribadian Rasulullah SAW yang demikian agung dan anggun. Dalam hubungan dengan siapa pun beliau senantiasa menampakkan wajah keceriaannya, termasuk dengan pembantunya. Beliau jarang menegur apalagi samapai memarahi pembantunya jika melakukan kesalahan dalam pekerjaan. Dalam hal ini Anas bin Malik pernah bercerita, "Rasulullah SAW adalah orang yang paling baik akhlaknya. Pada suatu hari beliau pernah mengutusku untuk suatu keperluan. Mendengar permintaan beliau ini, aku mengatakan kepada beliau bahwa demi Allah, aku tidak akan pergi". Namun dalam hatiku, aku akan pergi melaksanakan perintah beliau tersebut.

Kemudian aku keluar berjalan hingga melewati kerumunan anak-anak yang sedang bermain di tengah keramaian pasar. Tiba-tiba Rasulullah SAW sudah berada dibelakangku. ketika aku menolehkan kepalaku, kutemukan seulas senyum menyejukkan dari bibir beliau. lalu beliau bertanya kepadaku, 'wahai Anas, apakah engkaa mau pergi sebagaimana yang aku perintahkan?'. lantas aku menjawab, "Benar, ya Rasulullah,m aku segera berangkat".
Memang benar, selama sembilan tahun aku membantu beliau, belum pernah beliau itu mengomentari pekerjaan yang aku lakukan. beliau juga tidak pernah mencela sesuatu kepadaku, Demi Allah, beliau belum pernah berkata, 'Cih ..'. kepadaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar